Tanjung Selor Bakal Bangun Mirip Taman Berlabuh Senilai Rp 14,6 Miliar

| 101 Views
id Tanjung Selor Bakal Bangun Mirip Taman Berlabuh Senilai Rp 14,6 Miliar
Tanjung Selor Bakal Bangun Mirip Taman Berlabuh Senilai Rp 14,6 Miliar
Begini penampakan Taman Sungai Kayan di Tanjung Selor. (Foto: Humas)

Newstara.com TANJUNG SELOR - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mengusulkan anggaran pembangunan ruang terbuka hijau di Tanjung Selor Kabupaten Bulungan, yang mirip seperti Taman Berlabuh Tarakan. Sehingga, menjadi salah satu taman hiburan tempat rekreasi paling murah yang berada di pusat kota atau ibukota Kaltara.

"Atas usulan kita, pemerintah pusat mengalokasikan anggaran untuk membangun ruang terbuka hijau. Setelah sebelumnya kita bangun di Tarakan, yaitu Taman Berlabuh yang sekarang menjadi salah satu ikon di kota itu, kini dalam proses pembangunan taman di Tanjung Selor," ujar Gubernur Kaltara H. Irianto Lambrie pada Senin siang, (08/01/2018).

Menurutnya, Pembangunan taman mirip Taman Berlabuh Tarakan itu berada di tepian Sungai Kayan atau tepatnya di Jalan Sabanar Lama (samping Pelabuhan Kayan II) dan sekaligus menambah ruang terbuka hijau, apalagi ibukota Kaltara itu telah terjadi peningkatan pembangunan seperti gedung-gedung perkantoran milik pemerintah, swasta, dan masyarakat.

Sekedar informasi, Undang-Undang (UU) Nomor 26 Tahun 2007,  tentang Penataan Ruang mensyaratkan ruang terbuka hijau pada wilayah kota paling sedikit 30 persen dari luas wilayah kota. 

"Taman di tepian Sungai Kayan, yang menjadi salah satu ruang terbuka hijau itu, diperkirakan sudah bisa dinikmati masyarakat pada pertengahan tahun ini," ucapnya.

Irianto mengatakan jarak Taman Sungai Kayan itu cukup dekat dengan Dermaga Kayan II yang menjadi pintu gerbang Tanjung Selor di jalur perairan, sehingga diharapkan dengan adanya Taman tersebut menjadi penyambut bagi siapapun yang pertama kalinya menginjakkan kaki di ibukota Provinsi Kalimantan Utara. 

"Pembangunan taman ini menggunakan APBN senilai kurang lebih Rp 14,6 miliar. Dibangun sepanjang 650 meter membentang di tepi aliran Sungai Kayan. Menurut laporan di lapangan, progres pembangunan taman sudah lebih dari 60 persen," ujar Irianto Lambrie. 

Taman Sungai Kayan itu akan dilengkapi dengan sejumlah landmark seperti patung Burung Enggang, patung berbentuk daun, dan lain-lain. Bahkan, taman tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas umum seperti jogging track, panggung musik dan kesenian, fasilitas umum seperti tempat duduk bersantai, serta sejumlah gazebo yang ikonik. 

"Rencana kita setelah taman itu selesai, maka kita juga akan membangun taman serupa. Rencananya akan dilanjutkan lagi memanjang ke arah selatan sampai ke pertigaan Jalan Katamso dan Jalan Sabanar Lama," ujar Irianto Lambrie.

Pemprov Kaltara sendiri menjadikan pembangunan taman-taman perkotaan sebagai salah satu program utama yang harus terealisasi, karena dapat memenuhi UU tentang tata ruang, dan sebagai bentuk komitmen serta gagasan pemerintah daerah dalam upaya menyediakan ruang terbuka publik bagi masyarakat.

"Selain mempercantik kota, memberikan ruang bagi masyarakat untuk berkumpul, keberadaan taman ini juga bisa menjadi objek wisata bagi warga," tutupnya. (Humas)


Baca Juga
Berjaya & Ramayan Dept Store Gelar Festival Pop Dangdut & Spekta 2018
Tanjung Selor Bakal Bangun Mirip Taman Berlabuh Senilai Rp 14,6 Miliar