Waspada, Badai Ekstrem Hantam Ibukota Kaltara

| 461 Views
id Waspada, Badai Ekstrem Hantam Ibukota Kaltara
Waspada, Badai Ekstrem Hantam Ibukota Kaltara
Waspada, Badai Ekstrem Hantam Ibukota Kaltara. (Foto: Ilustrasi)

Newstara.com BULUNGAN - Sejak beberapa hari terakhir ibukota Provinsi kalimantan Utara (Kaltara) dihantam badai angin kencang, yang merusak sejumlah fasilitas negara seperti kantor diklat dan lainnya di Tanjung Selor. Bahkan, Kantor Diklat harus segera dilakukan perbaikan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Selor mencatat telah terjadi cuaca ekstrem angin kencang disertai hujan deras serta menimbulkan badai petir atau kilat. Badai ini diperkirakan adalah badai tropis LIONROCK 990 hPa (hektopascal) dengan tekanan rendah 1008 hPa, dimana Provinsi Kaltara diprediksi terkena belokan angin dan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

"Catatan dari BMKG dengan hujan berintensitas sedang sampai sangat lebat yang akan terjadi di kaltara, hujan sedang dengan intensitas cuaca diperkirakan 5,0-10,0 mm/jam atau 20-50 mm/hari, hujan lebat dengan intensitas cuaca diperkirakan 10,0-20 mm/jam atau 50-100 mm/hari, hujan sangat lebat dengan intensitas cuaca diperkirakan >20 mm/jam atau >100 mm/hari," tutur Kepala BMKG Tanjung Selor, Irman Sonjaya kepada Newstara.com

BMKG menghimbau agar masyarakat tetap waspada akan bencana yang di timbulkan dari badai tropis LIONROCK dan diprediksi bisa membuat sejumlah pohon-pohon ikut tumbang.

"Kami memperkirakan cuaca ini akan berlangsung hingga besok (27/08/2016), mudahan saja tidak ada hal yang terjadi seperti beberapa waktu lalu," tutur Irman.

Reporter : Leandy Khosasi


Baca Juga
Berjaya & Ramayan Dept Store Gelar Festival Pop Dangdut & Spekta 2018
Tanjung Selor Bakal Bangun Mirip Taman Berlabuh Senilai Rp 14,6 Miliar