2017, Asumsi Harga ICP USD 45 Perbarel

| 391 Views
id 2017, Asumsi Harga ICP USD 45 Perbarel
2017, Asumsi Harga ICP USD 45 Perbarel
Tahun depan Asumsi Harga ICP USD 45 Perbarel. (Foto: Dok Berita Headline)

Newstara.com JAKARTA - Pemerintah mengajukan penetapan harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Oil (ICP) dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun 2017 sebesar USD 45 per-barel. Asumsi ini dikatakan Menko Perekonomian, Darmin Nasution dan dijelaskan lebih rinci oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani pada Selasa (16/08/2016) lalu di ruang Auditorium Cakti Buddi Bhakti Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta.

"Rata-rata harga minyak mentah Indonesia dalam tahun 2017 sebesar  45 USD/barel," tutur Darmin.

Angka tersebut dipertimbangkan dengan melihat dan berdasarkan pada aspek perkembangan perekonomian global dan domestik serta prospek perekonomian nasional ke depan, sehingga menjadi pertimbangan utama dalam menentukan asumsi dasar ekonomi makro untuk tahun 2017 yang memberi fondasi bagi penyusunan arah program dan kebijakan di tahun 2017 mendatang.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa angka asumsi perhitungan RAPBN didasari pada pertumbuhan ekonomi yang lambat dan pemulihan pertumbuhan ekonomi dunia dari sisi perdagangan internasional tidak secepat pertumbuhan ekonomi itu sendiri.

"Perdagangan internasional masih sangat lemah," tuturnya.

Penetapan kisaran tengah dari perkiraan ICP yang ditetapkan oleh Banggar DPR RI pada akhir Juni lalu, sebesar USD 40-50 per barel. Jika dibandingkan APBN Perubahan 2016 sebesar USD 40 per barel, maka perkiraan ICP tahun depan lebih tinggi sekitar 12,5 persen.

Selain itu, Pemerintah juga telah mengumumkan rumusan secara total target pertumbuhan ekonomi di tahun 2017 sebesar 5.3 persen. Untuk sektor ESDM selain ICP dalam asumsi Makro 2017 adalah lifting Minyak (760 ribu barel per hari) dan Gas (1.150 ribu barel setara minyak per hari).    

Konferensi pers itu juga dihadiri oleh sejumlah menteri antara lain Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Kepala BKPM Thomas Lembong, Kepala BPS Suryamin dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Reporter: Yoko Handani


Baca Juga
Berjaya & Ramayan Dept Store Gelar Festival Pop Dangdut & Spekta 2018
Tanjung Selor Bakal Bangun Mirip Taman Berlabuh Senilai Rp 14,6 Miliar