Defisit Pemkab Bulungan Melonjak Naik Jadi Rp 60 Miliar

| 441 Views
id Defisit Pemkab Bulungan Melonjak Naik Jadi Rp 60 Miliar
Defisit Pemkab Bulungan Melonjak Naik Jadi Rp 60 Miliar
Defisit Pemkab Bulungan Melonjak Naik Jadi Rp 60 Miliar. (Foto: Istimewa)

Newstara.com BULUNGAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan mengalami defisit dalam anggaran belanja tahun 2016 mencapai Rp 56,4 miliar. Namun, pada saat penghitungan kembali terjadi kenaikan angka defisit dalam APBD hingga mencapai Rp 60 miliar. Sehingga dipastikan, dalam waktu dekat akan dilakukan rasionalisasi dalam memangkas anggaran masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajaran Pemkab Bulungan.

"Kondisi APBD Kabupaten Bulungan tahun 2016 defisit terjadi karena berkurangnya Pendapatan Asli Daerah serta dana perimbangan dari pusat," tutur Bupati Kabupaten Bulungan, Sudjati pada Selasa siang, (16/08/2016) di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Bulungan.

Sudjati mengatakan setiap SKPD akan dilakukan pemotongan anggaran yang dinilai tidak tepat sasaran, tidak efektif atau pembiayaan kegiatan yang bisa ditunda untuk tahun-tahun anggaran berikutnya sehingga defisit anggaran bisa diminimalisir dengan baik.

"Iya ada penambahan defisit Rp 60 miliar rincian nya belum pasti tapi saya sudah di hubungi kabag pebangunan dan kita lagi memnimalisir agar APBD - P tidak ada pengurangan lagi dan kita akan memotong anggaran SKPD yang tidak jalan kegiatan dan akan bisa terkaper semua," tutur Sudjati.

Sementara, Asisten III Bidang Administarasi Pemkab Bulungan, Kornelis Elbaar menyebutkan beberapa waktu lalu badai melanda Kabupaten Bulungan dan merusak sejumlah inventaris gedung Diklat, padahal Pemkab Bulungan sendiri tidak boleh memprioritas kan pembangunan gedung fisik.

"Ini kan bencana jadi kita akan mengakomodir di APBD perubahan agar gedung Diklat bisa di perbaiki secepatnya atau direnovasi," tuturnya.

Reporter : Leandy Khosasi


Baca Juga
Berjaya & Ramayan Dept Store Gelar Festival Pop Dangdut & Spekta 2018
Tanjung Selor Bakal Bangun Mirip Taman Berlabuh Senilai Rp 14,6 Miliar